Kaldera Marum dengan video di kawah gunung berapi

Tim National Geographic mengabadikan lava dari gunung Vanuatu. Mengunakan drone untuk pengambilan gambar di tempat sangat ekstrem. Kaldera gunung yang sangat panas, gas beracun dan lahar mendidih dapat diabadikan dari jarak dekat.

Membawa tim dokumentasi untuk meliput kawah gunung berapi tentu sangat beresiko. Tim peneliti gunung berapi harus mengunakan perlengkapan khusus seperti baju pelindung anti panas untuk mendekati kaldera dimana terlihat kawah besar dengan lahar cair yang masih mendidih.

02kaldera-marum1

Teknologi Drone membantu tim peneliti dan tim Nat Geo melihat lebih dekat bentuk kawah Marum. Tentu beresiko membawa banyak orang ke bibir lubang lava cair. Coosman dan tim Nat Geo mengunakan 2 drone untuk meliput ditempat sangat berbahaya tersebut. Oleh tim dokumentasi Nat Geo mengunakan drone untuk membuat film dengan jarak lebih dekat sampai di tepian mulut lahar. Bahkan drone dapat terbang disekitar kawah untuk mengambil posisi gambar. Bahkan satu drone dibuat sangat dekat mengambil gambar sampai akhirnya tidak terkendali dan jatuh. Proses pengambilan gambar Drone dapat dimanfaatkan untuk pemetaan kawah. Nantinya diproses kembali dengan software khusus pemetaan 3 dimensi.

Pengambilan video ekstrem oleh tim Nat Geo

Dibawah ini cuplikan proses pengambilan video di tempat ekstrem